Minggu, 23 Januari 2011

Nih, Mercedes-Benz SLS AMG Bertenaga Listrik


DETROIT- Lebih dari setahun yang lalu, Mercedes-Benz secara resmi mengungkapkan rencana untuk membuat versi tenaga listrik dari supercar SLS AMG.

Kini, produsen mobil asal Jerman tersebut telah benar-benar membawa model prototipe mobil dalam bentuk nyata, yang disebut SLS AMG E-Sel, ke Detroit Auto Show 2011.

Prototipe tersebut terlihat mencolok dengan menggunakan cat kuning matte terang yang menyilaukan mata.

Para Insinyur Mercedes mengganti mesin standar V8 6.300 cc SLS AMG yang bertenaga 571HP dengan empat motor listrik yang ditempatkan di dekat roda sehingga menjadi model four-wheel drive.

Siapa bilang mobil listrik tidak bisa diajak ngebut, bukitnya dengan total empat buah motor listrik, SLS AMG E-Cell memiliki tenaga sebesar 525 tenaga kuda, dan torsi sebesar 880 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu SLS AMG E-Sel mampu berlari dari 0 hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,7 detik saja.

Mercedes mengklaim bahwa mobil berpintu gullwing dengan penggerak listrik itu adalah bagian dari strategi perusahaan berjudul "AMG Performance 2015" yang bertujuan untuk terus mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Hebatnya, tenaga listrik yang tersimpan di baterai lithium-ion berkapasitas 400 volt tersebut juga dapat ditambah dengan melakukan pengereman.
Baterai tersebut diletakkan di firewall depan, dan dibelakang kursi, dalam rangka untuk menyeimbangkan distribusi berat kendaraan sehingga tetap stabil.

Namun produsen berlogo bintang tersebut tidak menjelaskan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai mobil tersebut dengan tenaga listrik rumah tangga atau pun di stasiun pengisian. Juga kepastian kapan mobil tersebut akan diproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar