Setelah cukup lama menjadi kotroversi, akhirnya BMW memproduksi Seri-1 M Coupe. BMW M1 dipersenjatai mesin 6-silinder M TwinPower Turbo yang mampu menyuguhkan 340 hp. Seri 1 M Coupe ini diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 4,9 detik.
Seri 1 M Coupe berdimensi panjang 4.380 mm dan tinggi 1.420 mm. Penyempurnaan pada chassis membuat lebar Seri 1 M Coupe bertambah 55 mm menjadi 1.803 mm. Bumper bagian depan terlihat lebih agresif dengan tiga lubang besar yang diyakini meningkatkan pendinginan dan aerodinamika saat kecepatan tinggi.
Bobot Seri 1 M Coupe hanya 1.495 kg usai pihak BMW M GmbH merancang ulang chassisnya. Pengujian chassis agar optimal dilakukan di sirkuit Nurburgring Nordscleife. Komponen kaki-kaki baik depan dan belakang kini telah menggunakan material alumunium.
Mesin 6 silinder racikan BMW M GmbH ini memiliki kapasitas silinder 3.0 liter. Diyakini performanya memiliki karakter yang cocok di lintasan balap, namun berkat beberapa modifikasi yang telah dilakukan diklaim tetap jinak dipakai untuk harian. Bahkan tak tanggung-tanggung Seri 1 M Coupe ini dijanjikan selevel dengan generasi ketiga BMW M3.
Teknologi M TwinPower Turbo yang digunakan pada mesin Seri 1 M Coupe ini dipastikan membuat kinerja mesin sangat responsif. Cukup dengan menyentuhkan jarum putaran mesin di 1.500 rpm, torsi 450 Nm sudah tersaji sempurna hingga putaran mesin 4.500 rpm. Apabila pedal gas ditekan secara agresif akan bertambah 50 Nm lagi menjadi 500 Nm dengan putaran mesin 5.980 rpm.
Transmisi Seri 1 M Coupe disajikan menggunakan tuas transmisi dioperasikan secara manual enam tingkat percepatan. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 10,4 kpl dengan kadar CO2 224 gram per kilometer.
Mei 2011 Seri 1 M Coupe ini secara resmi di launching di Jerman dan untuk penampilan perdananya bisa disimak di North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit. Banderol di Jerman 50.500 euro atau setara USD 66.800.
Kusnadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar